bersama menuju PLN dan INDONESIA yang lebih baik

Like us on Facebook
Follow us on Twitter
Recommend us on Google Plus
Subscribe me on RSS

Pages

Friday, October 17, 2014

bersama menuju PLN dan INDONESIA yang lebih baik


jika tumbuh di negara yang luas seperti INDONESIA....
akan sangat mudah untuk merasa kecil.
dengan daerah yang luas serta kekayaan budaya yang sangat beragam.
Dan hanya beberapa menit dari pemukiman kota..!
pemandanganya akan sangat jauh berbeda,......

Tumbuh besar di tempat seperti ini, membuatku cepat belajar,.......
kalau kita harus bicara lantang jika ingin didengarkan oleh orang lain.
karena, kenyataanya semua orang memiliki suara.
dan ada saatnya kita berteriak, untuk memperjuangkan keinginan kita.
Dan bagiku, inilah saatnya......!!

PLN telah berlaku bijak karena telah bekerja sama dengan BLOGDETIK.COM untuk mengadakan sebuah competisi yang bertema “IDEKU UNTUK PLN” yang dimana semua orang yang memiliki ide serta kritikan terhadap PLN, untuk dapat mengutarakan tentang ide dan kritikan mereka. Dengan harapan ide dan kritikan yang mereka ungkapkan melalui competisi ini bisa diterima dengan baik oleh PLN dan menjadikan senjata yang kuat untuk membangun Indonesia yang lebih baik dan lebih maju.

APA ITU PLN ?
PLN adalah sebuah perusahaan listrik negara (BUMN) yang bergelut di bidang listrik dengan direktur utama Nur Pamuji yang menggantikan direktur sebelumnya yakni Dahlan Iskan selaku direktur utama pada periode sebelumnya.

KELEBIHAN PLN
kelebihan dari PLN sendiri yakni dari sistim pelayananya, kenapa begitu? dengan bermotto Layanan PLN bersih tanpa suap, maka PLN berhasil menjadikan masyarakat sekitar terkesan dan sanggup mempercayakan kualitas pelayanan sepenuhnya kepada pihak PLN sendiri.

APAKAH SELURUH MASYARAKAT INDONESIA MENIKMATI JASA PLN ?
Sebenarnya, kita semua telah mengetahui jawaban dari pertanyaan diatas. Bahwa masih ada sebagian masyarakat di INDONESIA yang masih belum menikmati jasa dari PLN. Hal ini tentu akan menjadi sebuah topik yang patut untuk menjadi buah bibir bagi masyarakat INDONESIA, karena pada dasarnya listrik yang dihasilkan oleh PLN merupakan suatu kebutuhan yang cukup penting, bahkan bisa dibilang listrik adalah kebutuhan “PRIMER” yang tidak disebutkan dalam buku manapun, dimana media tersebut adalah media yang digunakan oleh pahlawan tanpa tanda jasa untuk memberikan ilmu kepada murid muridnya tentang kebutuhan hidup manusia.
Saya sendiri sebagai seorang pelajar juga turut prihatin akan hal tersebut. Mengapa? Karena pada zaman yang serba maju ini, setiap orang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dan harus memanfaatkan teknologi. Agar seseorang tidak tertinggal oleh zaman. Pada abad ke 21 ini. Dalam hati saya bertanya  “mereka yang telah menikmati jasa dari PLN saja, masih ada sebagaian orang yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman. Lalu bagaimana dengan mereka yang belum menikmati jasa dari PLN.” Dan semoga saja, pihak PLN mampu untuk menyikapi tentang masalah tersbut.



APA SAJA KELUHAN MASYARAKAT TERHADAP PLN ?
Sebenarnya saya pribadi tidak memiliki keluhan terhada PLN. Namun karena saya ingin ikut ambil bagian dalam hal menjadikan PLN dan INDONESIA yang lebih baik dan lebih maju, saya telah melakukan survey secara langsung baik di dunia maya maupun di dunia nyata. Dan berikut adalah keluhan dari masyarakat yang telah saya rangkum secara garis besar terhadap PLN :

1.      LAMPU MATI
Saya telah mensurvey lebih dari 100 orang yang saya kenal mengenai keluhan mereka terhadap PLN. Dan sebagaian besar dari mereka mengatakan yaitu “LAMPU YANG SERING MATI” sebenarnya dalam hal ini pihak PLN tidak dapat di salahkan, karena hal tersebut bagi saya adalah hal yang wajar karena beberapa faktor. Misal saja “sedang dalam perbaikan, atau PLN memberi kebijakan lampu mati secara bergilir di setiap desa karena daya yang ditampung oleh PLN dengan yang digunakan masyarakat tidak seimbang.”

2.      CUSTOMER SERVICE
Customer Service dari PLN juga di keluhkan oleh beberapa orang, sebagaian besar mereka mengatakan bahwa respon Customer Service PLN kurang tanggap terhadap pelangganya. Sampai sampai ada yang mengatakan “percuma kita ngadu ke PLN, mereka enggak mungkin merespon. Customer service PLN tuh masih kalah sama Cumstomer Service operator celuller, saya men tweet belum ada satu menit saja sudah mendapat balasan, Profesional banget kan Customer Service nya, coba kalau Customer Service PLN bisa seperti itu” kata salah seorang pengguna akun jejaring sosial media Facebook yang tidak dapat saya sebutkan namanya.




IDEKU UNTUK PLN
  1. Memberikan pelayanan yang lebih maksimal terhadap pengguna PLN dengan harapan agar berkurangnya keluhan dari masyarakat pengguna PLN terhadap PLN. seperti yang sudah saya terangkan pada bab KELUHAN MASYARAKAT TERHADAP PLN DIATAS
  2. Ada baiknya jika PLN juga menggunakan suatu masalah menjadi potensi agar PLN dan INDONESIA menjadi lebih baik dan mampu bersaing international. misal Negeri BELANDA terkenal dengan sebutan Negeri Kincir Angin karena negeri tersebut memiliki curah angin yang sangat besar. Nah disini saya menemukan sedikit potensi tentang hal tersebut yakni dengan menciptakan pembangkit Listrik tenaga sampah,, memang dibeberapa daerah telah berdiri embangkit Listrik Tenaga Sampah, Namun hal ini saya rasa masih belum cukup. karena sampai saat ini INDONESIA masih memiliki gelar yaitu Negara penghasil Sampah Plastik terbesar di dunia dengan menduduki Posisi ke 2.


Demikian yang dapat saya sampaikan mengenai "IDEKU UNTUK PLN" semoga kritikan maupun pesan moral serta saran yang telah saya sampaikan dengan harapan agar menjadikan PLN dan INDONESIA yang lebih baik dan lebih maju. kurang lebihnya saya ucapkan mohon maaf sebanyak banyak nya tanpa mengurangi rasa hormat saya sedikitpun.

9 comments:

  1. amin, semoga aja indonesia bisa lebih maju lagi dan ga sering gangguan listrik mati hehe

    ReplyDelete
  2. Ide yang cemerlang sekali , semangat gan

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas kunjunganya,,...
    semoga mendapatkan respon yang baik dari PLN :)

    ReplyDelete
  4. amin, semoga aja indonesia bisa lebih maju lagi dan tidak sering gangguan listrik mati.Soalnya di daerah saya masih sering mati listrik.

    ReplyDelete
  5. Ide tulisannya bagus,,,, Perkenalkan saya, Idrus Dama
    Blogger Muslim Gorontalo
    www.cahayapena.com

    ReplyDelete

Kritik dan saran anda sangat kami butuhkan demi memajukan kota dan negeri ini
peraturan yang harus di baca :
1. No spam
2. No sara
3. Komen relevan (seputar blog dan LH)
4. Kritik dan Saran (recomended)